Minggu, 17 Oktober 2010

Bergaya yang ga Gaye...

Funky, adalah istilah 'wajib' bagi remaja yang mengaku gila gaul. Seolah-olah bila remaja nggak ngomong funky atawa cool, dijamin bisa dicap sebagai remaja kuper bin norak. Tak heran bila kemudian banyak remaja buru-buru tampil funky hanya untuk disebut gaulFunky, adalah istilah 'wajib' bagi remaja yang mengaku gila gaul. Bukan apa-apa, sebutan funky dan cool memang terdengar akrab dalam bahasa pergaulan remaja. Seolah-olah bila remaja nggak ngomong funky atawa cool, dijamin bisa dicap sebagai remaja kuper bin norak. Tak heran bila kemudian banyak teman-teman remaja buru-buru tampil funky hanya untuk disebut gaul.

Dalam dunia gaya, banyak terjadi pembalikan makna. Kata funky arti sebenarnya adalah busuk, kemudian mengalami pergeseran makna menjadi makna seolah "positif". Mendengar istilah fungky, terlintas kita akan salah satu jenis irama musik. Ya, seperti irama yang dibawakan James Brown atau kelompok Sly & The Family Stone di tahun 1965 - 1970-an. Kamu pasti nggak terlalu kenal ama arti satu itu?, iya soalnya mereka ada di jaman bokap and nyokap kita lagi remaja.

Mulai soal dandanan sampai soal musik. Gaya rambut yang dicat warna-warni kayak pelangi, atau dipermak mirip durian, atawa gaya rambut yang 'disulap' seperti topi Romawi. Itu baru gaya rambut, belum lagi pakaian. Jaket hitam yang ketat dari kulit buaya (semoga yang pake' bukan buaya darat, heee .), celana jins super sempit kayak penyanyi rock Kelvits yang bangga disebut dirinya funky , atau celana cutbray yang bikin penampilan seksi mirip Elvis kesemuanya identitas gaya gaul remaja sekarang. Belum lagi aksesoris lainnya. Kuping ditindik, bahkan hidung, pun ada yang nekat ditindik pula, hiasan rantai yang gede-gede juga ikut nimbrung.

sebagai seorang muslim kita wajib tahu pula pandangan Islam seputar masalah tersebut. Bukan apa-apa, bahwa sebagai seorang muslim wajib terikat dengan aturan-aturan Islam. Nggak boleh sedikit pun perbuatan yang kita lakukan diluar aturan Islam. Termasuk dalam soal gaya hidup ini. Tingkah laku kita dalam berpakaian, bergaul, dan berbuat harus selalu disandarkan pada aturan Islam. Mutlak, lho. Nggak bisa ditawar-tawar lagi. Seperti sekarang teman-teman remaja lagi kegila-gilaan niru gaya funky, maka itu harus kita 'tanyakan' kepada Islam, boleh apa nggak berdandan model gitu?.

Nah, berkaitan dengan gaya funky ini, Islam punya pandangan, Brur, bahwa budaya tersebut sangat bertentangan dengan aturan dan hukum-hukum Islam. Gimana nggak, gaya funky yang kerap diekspresikan lewat dandanan, tingkah laku, dan gaya hidup itu "nothing" dalam Islam. Tentu itu bila dilihat dari lahirnya budaya bejat tersebut. Dalam soal berpakaian, Islam sudah mengatur, bahwa pakaian yang dikenakan tersebut wajib menutup aurat. Firman Allah SWT yang artinya : "Hai anak Adam, Kami telah menurunkan kepada kamu pakaian untuk menutup aurat kamu dan pakaian indah untuk perhiasan." (al-A'raaf: 26).

Bersukur kita sebagai Jokam yang tiap saat selalu di ingatkan bagaimana berbusana yang baik, gaya yang baik, prilaku yang baik tanpa meninggalkan mode busana yang elegan dan indah di liat. Jangan hanya ingin di katakan remaja Gaul kita rela mengorbankan prinsip yang sudah kita yakini sejak lama itu sama saja kita menggadaikan keimanan kita..tetaplah berbusana dan bergaya ala muslim

Tidak ada komentar: