Senin, 18 Oktober 2010

Janganlah Menjadi Orang Yang Menyesal

Dalam QS Al-Mulk 10 Alloh SWT berfirman, “Dan mereka berkata: “Sekiranya kami mendengarkan atau memikirkan (peringatan itu) niscaya tidaklah kami termasuk penghuni-penghuni neraka yang menyala-nyala”.

Ayat di atas menggambarkan penyesalan dari orang-orang yang saat hidup di dunia tidak mendengarkan petunjuk Al-Qur’an dan Hadits. Mereka tidak menggunakan pendengaran, penglihatan dan akal sehat yang telah dikaruniakan Alloh SWT untuk menggali, memahami dan mengamalkan petunjuk yang terkandung dalam Al-Qur’an dan Hadits.

Disisi lain, ayat ini juga memberikan peringatan kepada kita yang masih hidup di dunia untuk tidak menyia-nyiakan potensi yang kita miliki baik berupa waktu, kesehatan, panca indera, akal pikiran, dan lain-lain untuk sekuat tenaga memahami dan mengamalkan petunjuk Alloh beserta rosulnya. Jangan biarkan umur kita berlalu begitu saja tanpa dimaknai dengan hakikat hidup yang sesungguhnya sesuai dengan kehendak sang Pencipta. Dari mulai bangun tidur sampai tidur kembali hendaklah segala niat, pikiran, dan perbuatan kita selaraskan dengan kehendak-Nya.

Salah satu perbuatan yang perlu dilakukan agar kita semakin memahami makna hidup ini adalah dengan mencari ilmu agama (pengajian) yang didasari dengan hati ikhlas dan niat beribadah dan dilakukan dengan konsisten. Mudah-mudahan Alloh SWT memberikan hidayah bagi kita untuk tetap semangat mencari ilmu agama dan bisa mengamalkan ilmunya, sehingga bermanfaat bagi kehidupan diri kita dan orang lain.

Tidak ada komentar: