Kamis, 14 Oktober 2010

Malam Nisfu Sya'ban (penjelasan)

Rikhie Supriyadi menulis
Bro n sis jokamers, mohon maaf atas kekurang jelasan informasi mengenai malam Nisfu Sya'ban yang sebelumnya dikirim. Jadi maksud dan tujuan dari message nisfu sya'ban itu adalah menjelaskan kedudukan hadist tentang bab malam nisfu sya'ban yang banyak diagung agungkan oleh hum padahal haditsnya dhoif.

Selengkapnya bisa dilihat dari pembahasan oleh mas habibul amin (mubalig tugasan di jaktim3) yang pernah dimuat di wall JOKAM United sbb:

Habibul Amin:
Saudara2ku semua.. perlu kami tambahkan disini bahwa apa yang disampaikan sdr Rikhie ada kitab Ibnu Majah cetakan indonesia (daarul fikr) yang covernya warna hijau juz 1, hal. 444, nomor bab 191 dan nomor hadits 1388, bab maa jaa a fii lailatin nisfu min sya'ban, haddatsanaa al hasanu bin 'ali al kholal 'an ali bin abi tholib, qoola: qoola rosululloohi saw, idzaa kaanat lailatunnisfi min sya'baana, faquumuu lailaha wa suumuu naharaha. fainnallooha yanzilu fiiha liguruubisyamsyi ila samaa'iddunya. fayaqulu: alaa min mustagfiri le fagfirlahu, ala mustarziqu faarziqohu, alaa mubtala fa u'afiyahu. alaa kadzaa alaa kadzaa.. hatta yatlu'a alfajru.

Banyak yang menggunakan hadits ini sebagai dasar dalam melaksanakan qiyaamul laiil pada malamnya dan berpuasa sunnah pada siangnya pada tanggal 15 sya'ban. Yang ingin disampaikan sebelumnya adalah bahwa hadits itu lemah dasar hukumnya karena salah satu sanadnya lemah atau dhoif sehingga tidak bisa dijadikan dasar untuk melakukan suatu amalan.

Kesimpulannya adalah, dalam menyikapi hadits ini kita hindari praktek amalannya karena sudah jelas sanadnya dhoif.

Apa yang disampaikan saudara2 yang lain juga benar adanya karena kita harus menjaga kemurnian amalan QH kita dengan mengikuti hadits2 sohih dan tidak mengikuti hadits2 dhoif.

Kami kira, tidak ada yang perlu diperdebatkan lagi disini, karena sudah jelas sikap kita terhadap masalah ini. hindari hadits dhoif dan ikuti hadits sohih. Amal solih supaya tetap berkepala dingin dalam menanggapi masalah ini agar kerukunan dan kekompakan di antara kita tetap terjaga dengan baik. Alhamdulillaah jazaakumulloohu khoiro, semoga alloh paring aman selamat lancar barokah bagi kita semua. aamiin.

Tidak ada komentar: