Jumat, 22 Oktober 2010

Anda lebih sayang istri, anak, teman atau rokok???


Merokok menjadi HAK anda masing-masing, tak bisa ada yang melarang dan mengekang pilihan anda. Saya juga bertipe demokratis dan tidak suka dikekeng koq. Tapi jika menghadapi perokok yang asapnya mengenai wajah saya, saya tidak pernah secara gamblang atau blak-blakan melarang orang yang ada disekitar kita untuk merokok. Paling negur “Asap rokokmu membunuhku” atau “kalau mau bunuh diri jangan ngajak2 donk”…….heheheh….. Artinya kalo kalian mau nyakitin diri sendiri, ngerusak paru-paru dan tubuhmu, ya silahkan, silahkan lakukan sendiri dunk, jangan jadi merusak diriku juga, anak-anakmu, istrimu, temanmu, adikmu dan saudaramu lainnya. Ke sana cari tempat ngerokok ndiri, jauh-jauh aja sana….. Ngakunya sayang cinta sama anak istri tapi malah diasapi…Heran????!!!!
Kecanduan? Nyari Inspirasi? Ga bisa mikir tanpa rokok? Air liur terasa pahit kalo ga ngerokok setelah makan? Takut dibilang ga gantle, ga gaul? Ngilangin Stress? Ngilangin sakit kepala? Dll…… Apapun alasan-alasan kalian. Ya terserah. Hidup selalu dihadapkan oleh pilihan-pilihan koq. Anda tinggal memilih mana yang terbaik koq. Yang penting jauhkan asap rokok mu dari anak-anak dan wanita.
Trus gimana dengan anak-anak dan wanita yang ngerokok? Ya bukannya lebih mulia jika para pria memberi teladan dan nasihat terbaik dan benar buat mereka??? Susah ya buat ngilangin kecanduan rokok??????
  1. Dimulai dengan NIAT, niat kuat ga ada tandingannya deh…
  2. Kemudian didorong dengan pikiran “masa aku mau merusak paru-paru, bahkan membunuh perlahan orang-orang disekitar ku anak-anak, pacar, suami/istri ku, saudara-saudara ku, teman-teman anda???”   kan katanya anda sayang mereka? Kenapa ga malah menjaga mereka?
  3. Dengan berfikir dari pedoman no.2 tadi kalian akan berusaha merokok hanya di tempat yang tidak akan berbagi asap dengan orang2 yang anda sayangi itu. Semakin sulit anda menemukan tempat “aman” itu semakin besar kemungkinan anda akan membatalkan niat anda kecuali ya anda tidak merasa berdosa menyakiti anak-anak dan wanita disekitar anda.
  4. Jika sakit kepala melanda dan anda merasa kehilangan inspirasi, silahkan merokok tapi jangan berbagi asap dengan anak2 dan wanita. Hehehehe…..
  5. Jika anda merasa stress maka cari penyebab stress anda dan cari solusi dari masalah anda.
  6. Jika anda mulai bokek, it pertanda anda harus mengurangi bahkan menghentikan diri untuk membakar uang anda….
Keputusan untuk mengambil pilihan apapun ada di tangan anda koq. Saya cuma memberi gambaran, wantii-wanti, peringatan dan apapun namanya…. Cuma demi kebaikan semua orang dan kita semua, bukan keegoisan saya atau siapapun. Semoga bermanfaat untuk saya, anda dan orang-orang yang kita sayangi….Amien


Tidak ada komentar: