Sabtu, 29 Januari 2011

KISAH SUKSES TKW HONGKONG

Kisah Tentang Visi dan Kegigihan

Adalah Eni Kusuma yang disaat istirahat sebentar dari tugas-tugasnya sebagai pembantu rumah tangga di sebuah keluarga di Hongkong mampu secara terus menerus menulis dan saat ini hasil tulisannya telah menjadi sebuah buku yang berjudul ‘Anda Luar Biasa’. Menulis dan menghasilkan sebuah buku bagi seorang yang sehari-harinya bukan seorang penulis tentu membutuhkan visi dan kegigihan.

Yang sangat menarik adalah Eni Kusuma menuliskan semuanya itu menggunakan PC dari sebuah kafe yang tidak jauh dari tempat tinggal, tanpa harus memiliki sebuah laptop seperti yang sedang akan dibagikan kepada setiap anggota DPR.

Jennie S. Bev seorang Indonesia yang sudah cukup berhasil dalam menjalankan profesinya sebagai penulis buku elektronik(E-Book) di AS menuliskan kata pengantarnya untuk buku Eni Kusuma.

“Pertama kali saya kenal Eni ketika saya menerima e-mail darinya, yang isinya menanggapi artikel saya di Pembelajar.com. Setelah itu, saya sering membaca artikel-artikelnya di situs yang sama. Dan, dari situ pula saya mengenalnya sebagai seorang wanita muda penuh bakat dan pemberani, yang sekarang sedang bekerja sebagai pembantu rumah tangga (TKW) di Hong Kong. Sejak itu, kami sering kontak via e-mail dan milis sampai hari ini.

Kami mempunyai banyak sekali persamaan, seperti sama-sama gemar menulis, sama-sama sedang merantau di tanah asing, senang belajar, pernah menjadi bintang pelajar di sekolah menengah, senang membaca, menganggap semua orang adalah equal, memandang dunia dari kacamata “humor”, dan mempunyai mindset tentang sukses yang sama yaitu “Sukses bukanlah tujuan, bukan pula perjalanan. Saya adalah sukses, sukses adalah saya.”

Begitu banyak persamaan kami, sehingga saya tidak pernah melihat perbedaan kami dari segi fisik, profesi, dan materi. Warna kulit saya yang lebih kuning karena saya adalah keturunan etnis Tionghoa, tidak menjadi penghalang bagi saya untuk mengapresiasi, bahkan mengagumi perjuangan dan kegigihan seorang Eni Kusuma yang sedang merantau di Hong Kong. Di mata saya, Eni adalah rekan sederajat yang sarat dengan bakat dan kebaikan hati.

Saya sendiri tidak pernah memandang status, profesi, kelas sosial, dan kelas ekonomi sebagai penghalang dalam membina hubungan persahabatan. Malah, saya paling sebal dengan mereka yang mengaku sebagai orang berpendidikan dan kaya raya namun banyak tingkah dan merasa diri paling benar.

Buku Anda Luar Biasa!!! ini merupakan kumpulan tulisan Eni yang pernah dimuat di berbagai media, termasuk di Pembelajar.com, situs motivasi paling digemari di Indonesia. Kemampuannya mencerna kejadian-kejadian sehari-hari secara objektif untuk dituangkan dalam bentuk kisah-kisah motivasional ringan merupakan kelebihan utama penulis.

Dengan memandang dunia dari “kacamata seorang pembantu”, Eni mampu secara jernih dan objektif menalar seperti apa sukses itu sebenarnya, serta bagaimana perjuangan seseorang dalam hidup itu semestinya. Judul buku ini sendiri mencerminkan betapa penulisnya memandang dunia dalam kacamata luar biasa positif. Dan, ini dapat kita jadikan contoh untuk maju.

Hebatnya, tidak satu kali pun saya merasakan tulisan-tulisannya sebagai cerminan seorang “bodoh” yang merupakan stigma dari para pembantu rumah tangga pada umumnya. Sebaliknya, segala kemampuannya terproyeksikan keluar dengan sendiri, dan begitu alami...”


Pada tahun 2006 ketika Tim Olimpiade Fisika Indonesia mendapat juara pertama dalam kejuaraan dunia di Singapura. Banyak pujian datang dari berbagai negara. Tapi bagaimana kisah dibalik kesuksesan itu? Ternyata dapat dipahami dalam 2 kata kunci yaitu tentang visi dan kegigihan.

Apa yang dicapai tim Indonesia ternyata sudah di visi-kan oleh Yohanes Surya sekitar 9 tahun yang lalu ketika baru mengelola Tim Olimpiade Fisika Indonesia. Di saat Indonesia masih menjadi anak bawang dia sudah membayangkan bahwa suatu saat Indonesia akan menjadi juara umum. Akan tetapi sebuah visi saja tanpa upaya , tanpa kegigihan mungkin saja hanya tinggal sebuah visi

Mengambil momen dari keberhasilan Tim Olimpiade Fisika Indonesia maka pada tahun 2006 juga Yohanes Suryo meluncurkan buku yang berjudul ‘Mestakung:Rahasia Sukses Juara Dunia Olimpiade Fisika’. Apa itu mestakung?

“Menurut Yohanes,Mestakung adalah singkatan dari ’se-MESTA mendu-KUNG’. Artinya, ketika sesuatu sistem berada pada kondisi kritis, segala sesuatu di dalam sistem itu akan mengatur dirinya sendiri tanpa paksaan. Di dalam pengaturan tersebut, tiap-tiap bagian sistem itu secara serentak bergerak bahu-membahu untuk keluar dari kondisi kritis, sehingga menghasilkan suatu terobosan baru yang luar biasa. Alam sekitar pun turut mendukung. Ini berlaku pada setiap makhluk hidup serta alam sekitar pada kondisi kritis.

Ada tiga hal utama agar Mestakung itu terjadi. Pertama, menciptakan kondisi kritis. Yakni, dengan memasang target atau sasaran setinggi mungkin, sebagai upaya untuk merangsang Mestakung bekerja. Kedua, ketika sudah berada pada kondisi kritis, harus melangkah. Sambil melangkah itu, juga harus sering dibicarakan sasaran atau mimpi sebanyak mungkin pada orang lain. Ketiga, selama proses keluar dari kondisi kritis, harus bersikap tekun dan jeli, untuk melihat bagaimana semesta mendukung. “Jadi, kalau mau sukses, ciptakan kondisi ‘KRI-tis, me-LANG-kah, dan te-KUN’, disingkat ‘Krilangkun”.

Jika seorang seperti Yohanes Surya mampu mereleksikan seluruh pengalaman keberhasilannya dalam sebuah buku tidak semua orang heran. Akan tetapi pernahkah anda membayangkan jika seorang TKW di Hongkong yang telah seharian bekerja tapi mampu menulis sebuah buku?

1 komentar:

Unknown mengatakan...

Ass. Perkenankan saya untuk memohon maaf sebesar - besarnya jika apa yang saya ceritakan nantinya akan membuat anda tersinggung, sebelumnya perkenalkan nama saya Herlina Parawati, saya berasal dari Deli Serdang, saya seorang istri dari ibu 4 orang anak. Awalnya kehidupan keluarga saya sangatlah bahagia. Walaupun penghasilan suami saya hanya mampu mencukupi kebutuhan sehari - hari keluarga kami, saya sangatlah bersyukur dan tak lama kemudian alhamdulillah suami saya diberikan kenaikan jabatan oleh atasannya, kehidupan kami mulai menanjak naik dan kami berpikir untuk membuka usaha. Singkat cerita sekali lagi saya sangat bersyukur sebab usaha ayam bakar yang kami buat sangat laris sehingga mendatangkan keuntungan besar bagi kami sekeluarga. Untuk memperbesar usaha kami, saya dan suami akhirnya memberanikan diri untuk meminjam uang di bank,setelah itu saya mendirikan cabang warung ayam bakar saya di berbagai daerah di Indonesia. Dengan jumlah karyawan kurang lebih 150 orang. Semula perkembangan usaha kami cukup baik, namun setelah setahun kemudian usaha kami mulai meredup dan cabang cabang warung ayam bakar kami mulai tutup satu per satu. Akhirnya usaha kami bangkrut dan menyisakan utang bank yang sangat besar bagi kami sekeluarga. Habis Jatuh Tertimpa Tangga pula suami saya dipecat dan dipenjarakan akibat dituduh menggelapkan uang perusahaan. Akhirnya semua hutang bank dan biaya hidup saya tanggung sendiri membesarkan empat orang anak tanpa suami saya merupakan cobaan yang sangat berat bagi kehidupan saya. saya stres dan hampir memutuskan kejalan yag salah dengan mengakhiri hidup saya sendiri, dalam keterpurukan hidup saya, secara tidak sengaja saya membuka salah satu blog kesaksian dan membaca kolom komentar seseorang yg punya nasib yang sama dengan saya. Dalam komentarnya dia mengarahkan saya untuk menghubungi seorang guru yakni Kyai H. Achmad Mubarak yang membantunya keluar dari masalahnya. Saya mencoba menghubungi pak kyai dan alhamdulillah beliau bersedia membantu saya. Masyaallah berkat bantuan beliau akhirnya semua utang saya lunas dan saya mampu mendirikan usaha kembali , walhasil sekarang saya sudah memiliki aset dimana mana dan memiliki perusahaan yang mengeskpor hasil laut keluar negeri, Semua ini terjadi berkat Allah SWT lewat uluran tangan pak Kyai H. Achmad Mubarak yang begitu tulus dan baik dalam mengarahkan saya keluar dari masalah utang saya. Sebagai wujud Ungkapan rasa syukur dan terima kasih saya, saya akan memberikan nomor beliau kepada anda yang membaca cerita saya ini, jika saudara saudari memiliki masalah seperti saya silahkan hubungi beliau di nomor 0821 2545 0758. Semoga bermanfaat dan semoga kita selalu dalam lindungan Allah SWT. Amin yaa rabbal alamin. Allahu Akbar.