Senin, 14 Februari 2011

"Valentine Day": Suatu Perengunan Kita Bersama Sebagai Bangsa!

"Valentine Day": Suatu Perengunan Kita Bersama Sebagai Bangsa!
by Yuanita Octavina & Agus Salim Harimurti Kodri 

Sesungguhnya Valentines day merupakan hari perayaan gereja dengan nama Saint Valentine’s Day untuk menghormati St. Valentine yang kebetulan mati pada 14 Februari. Keterangan ini menjelaskan kepada kita, bahwa perayaan hari valentine itu berasal dari ritual agama Nasrani secara resmi dan sumber utamanya berasal dari ritual Romawi kuno. Sementara di dalam tatanan aqidah Islam, seorang muslim diharamkan ikut merayakan hari besar pemeluk agama lain, baik agama Nasrani ataupun agama paganis dari Romawi kuno.

Kata "love" dan "affection" itu memiliki makna yang sama, yaitu cinta di dalam bahasa Indonesia. Tetapi, kata "love" erat kaitannya dengan aktivitas fisik, seperti "making love", sedangkan "affection" bekaitan erat dengan perasaan.

Kaisar Agustinus telah menetapkan setiap tanggal 14 Februari sebagai hari yang "strongly correlated to love" di bukit Valentino. Hari itu dikenal dengan sebutan 'Valentine Day". Kondisi ini diadobsi dan ditetapkan dari suatu kebiasaan masyarakat Romawi yang melakukan aktivitas "making love" secara massal di Bukit Valentino pada setiap tanggal 14 Februari.

Pertanyaannya, Apakah selama kita melakukan penyelenggaraan "Valentine Day" sudah tahu asal muasal darimana kegiatan tersebut berasal? Untuk Apakah "Valentine Day" itu diadakan? Apakah kegiatan utama di dalam "Valentine Day" itu? Oleh siapakah "Valentine Day" itu biasa dikerjakan dan dirayakan? Inilah PERENUNGAN yang SANGAT DALAM DIBUTUHKAN oleh KITA sebagai BANGSA INDONESIA di dalam menyingkapi "VALENTINE DAY" agar kita TIDAK LAGI MENJADI BANGSA YANG PLAGIAT. Karena bilamana kita ikut-ikutan gaya hidup suatu bangsa, maka KITA TIDAK PERNAH MENJADI BANGSA INDONESIA YANG UTUH...!!! Tetapi kita akan menjadi BANGSA MEREKA...!!! Maukah kita.....???

Tidak ada komentar: